MEMBUKTIKAN APA YANG TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN

Tantangan sebagai pemimpin adalah apakah kita mampu membuktikan apa yang selama ini tidak terbukti. Itu berbicara mengenai perubahan yang harus diwujudkan, sementara selama ini orang tidak melihat bahwa ‘hal – hal yang baik’ itu hanya enak dan bagus dibicarakan, namun terlalu indah untuk terjadi dalam kehidupan nyata.

Kejadian ini sangat umum terjadi saat perusahaan merekrut seorang pimpinan baru dari luar untuk membuat perubahan yang positif, yang diinginkan oleh yang merekrut (biasanya para Atasan). Bahkan mungkin perubahan ini adalah suatu perubahan yang sudah diwacanakan dalam waktu yang lama, sesuatu yang diimpikan dan terasa indah kalau dimiliki. Ada upaya – upaya nyata untuk mengusahakan perubahan ini. Beberapa upaya menemui jalan buntu, beberapa diupayakan untuk mengalami perbaikan. Waktu terus berjalan dan tidak ada yang berubah. Orang menganggap perubahan ini penting, namun semuanya terasa mimpi. Lalu datanglah seseorang untuk mewujudkan mimpi tersebut, di saat semua orang mulai tidak percaya bahwa perubahan itu bisa dilaksanakan.

Inilah saatnya bagi pemimpin untuk membuktikan apa yang tidak dapat dibuktikan. Saatnya untuk mengajukan pertanyaan kritis: apakah betul perubahan ini tidak bisa dilaksanakan? Apakah perubahan yang diupayakan sudah menggunakan pendekatan yang sesuai dengan budaya perusahaan, budaya lokal dan segala hal yang bisa mempengaruhi pendekatan tersebut? Salah satu hal yang menghambat perubahan adalah tidak adanya dukungan dan komitmen pemimpin dalam mengupayakan perubahan itu.

Salah satu saran utama saya dalam mengupayakan perubahan adalah mendapatkan komitmen dan dukungan dari pemimpin puncak sehingga semua upaya perubahan tersebut bisa terjadi dan berkesinambungan. Kita harus mempresentasikan konsep dan pemikiran kita kepada pimpinan puncak sehingga mereka bisa memahami betapa pentingnya hal ini terjadi dan perlu adanya dukungan darinya untuk membuat hal ini terjadi. Paling tidak, pemimpin itu bersyukur bahwa bukan dia yang harus melakukannya semua. Dia bisa memberikan dukungan!

Dan luck yang baik hanya dan hanya berpihak pada mereka yang mau berjuang dengan gigih dan kretif demi mewujudkan impiannya

Should you have any queries on our article, kindly direct them to contact us

Source : wirawantedja.com

Writer : Ferry Wirawan Tedja –  Deputy PT Kapal Api Global